ASSALLAMUALAIKUM WELCOME SELAMAT DATANG WELKOM MIRË SE VINI ONGI VELKOMMEN TERE BENVIDO FÁILTE BENVENUTO BIENVENUE BIENVENIDOS
22 Februari 2011

tugas bio

enjoy read♥

1) RAFLESIA ARNOLDI 
Rafflesia Arnoldi merupakan salah jenis tanaman langka yang hanya tumbuh di kawasanSumatra bagian selatan, terutama di Provinsi Bengkulu. Tanaman ini pertama kaliditemukan di Bengkulu pada tahun 1818, oleh seorang letnan dari Inggris, yang pada saatitu tengah menjabat sebagai Gubernur Bengkulu, Thomas Stamford Raffles dan Dr.Arnoldy, seorang ahli botani.

2)ANGGREK HITAM
Anggrek hitam (Coelogyne pandurata) adalah spesies anggrek yang hanya tumbuh dipulau Kalimantan. Anggrek hitam adalah maskot flora propinsi Kalimantan Timur. Saatini, habitat asli anggrek hitam mengalami penurunan jumlah yang cukup besar karenasemakin menyusutnya luas hutan di Kalimantan namun masih bisa ditemukan di cagar alamKersik Luwaydalam jumlah yang sedikit. Diperkirakan jumlah yang lebih banyak berada di tangan para kolektor anggrek
 
3)Tumbuhan pakis ekor monyet. Dinamakan pakis ekor monyet karena bentuknya yang mirip dengan ekor monyet dan memiliki bulu. Budi dayanya yang sulit menyebabkan tumbuhan ini menjadi langka.

4) Pohon cendana merupakan tumbuhan yang mengeluarkan bau wangi pada batang dan akarnya. Tumbuhan ini termasuk tumbuhan berkayu yang dapat digunakan sebagai bahan dasar sabun dan parfum. Selain itu kayu pohon cendana juga bisa dijadikan bahan untuk hiasan karena tekstur kayunya yang halus. Pohon ini banyak terdapat di daerah Nusa Tenggara Timur (NTT).

5) Edelweis Anaphalis Javanica merupakan tumbuhan yang terdapat di gunung dan sangat terkenal karena bentuknya yang indah serta awet. Saat ini edelweis termasuk tumbuhan yang langka karena banyak diambil oleh tangan-tangan yang tak bertanggung jawab. Edelweis merupakan tumbuhan pelopor bagi tanah vulkanik muda di hutan pegunungan dan mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya di atas tanah yang tandus, karena mampu membentuk mikoriza dengan jamur tanah tertentu yang secara efektif memperluas kawasan yang dijangkau oleh akar-akarnya dan meningkatkan efisiensi dalam mencari zat hara. Bunga-bunganya sangat disukai oleh serangga, lebih dari 300 jenis serangga seperti kutu, tirip, kupu-kupu, lalat, tabuhan dan lebah terlihat mengunjunginya.

6)Angger pensil (Vanda hookeriana) asal Sumatra adalah jenis anggrek yang langka. Anggrek yang banyak diminati para pencinta bunga itu hidup menumpang pada bunga bakung (Crinum asiaticum). Langkanya anggrek ini, dikarenakan habitat anggrek yang ada di Cagar Alam Dusun Besar (CADB), Bengkulu sudah rusak oleh tangan manusia. Kerusakan tersebut juga menyebabkan bunga bakung mati.

7 Panda Merah

Satwa yang satu ini tergolong ke dalam kelas mamalia. Panda merah atau Ailurus fulgens merupakan hewan pemakan daging atau karnivora. Ciri-cirinya adalah memiliki bulu yang tebal berwarna kecoklat-coklatan. Panda merah banyak ditemukan di wilayah Asia Tengah, seperti di Cina, India, Bhutan, Pegunungan Himalaya, Nepal, Myanmar, dan Laos.

Berdasarkan data yang diperoleh dari badan/lembaga yang menangani hewan langka dan habitatnya, populasi panda merah saat ini semakin berkurang dan terancam punah. Hal ini dikarenakan perbuatan manusia yang sering memburu satwa ini untuk diambil bulunya.

8 Trenggiling

Trenggiling banyak ditemukan di Asia Tenggara, seperti Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Hewan ini memiliki sisik besar yang tersusun rapi seperti perisai. Sisik-sisik ini juga berfungsi sebagai pelindung dari ancaman yang datang. Biasanya ketika diganggu, hewan yang satu ini akan menggulungkan dirinya sehingga mirip seperti bola.Trenggiling merupakan hewan pemakan serangga, seperti rayap dan semut. Hewan ini sering menjadi incaran manusia, karena harga jual dagingnya yang tinggi di pasaran baik lokal maupun internasional.Selain dagingnya yang mahal, kulit trenggiling juga dapat digunakan sebagai bahan pembuat kosmetik, sebagai obat kuat, serta sebagai bahan untuk pembuatan narkoba (shabu-shabu).


9 Pesut Mahakam

Mungkin tak banyak yang mengenal satwa yang satu ini. Pasalnya sejak tahun 2007, hewan ini menempati urutan tertinggi yang terancam punah yaitu hanya tinggal sekitar lima puluh ekor saja di perairan Tanah Air.

Pesut mahakam merupakan jenis lumba-lumba yang hidup di air tawar. Hewan ini hanya terdapat di Sungai Irrawady, Sungai Mekong, dan Sungai Mahakam (Indonesia). Keberadaan populasi Pesut Mahakam semakin berkurang.

Beberapa faktor penyebabnya adalah karena habitatnya yang terganggu, terbatasnya sumber makanan seperti udang dan ikan, serta lalu lintas sungai Mahakam yang ramai juga turut menyebabkan satwa yang satu ini terancam punah.

10 Anoa

Beberapa nama hewan langka di Indonesia terdapat di Pulau Sulawesi, salah satunya adalah hewan anoa. Hewan ini mirip sekali dengan kerbau atau sapi dengan ukuran badan yang lebih kecil, karena itu anoa juga mendapat julukan sebagai kerbau kerdil.

Habitat anoa adalah di hutan-hutan yang ada di Pulau Sulawesi. Populasi hewan anoa ini terus menurun dari tahun ke tahun dan tergolong dalam hewan langka yang terancam punah. Di beberapa tempat di Sulawesi, keberadaan anoa bahkan sudah punah.

11Kuskus

Nama hewan langka yang satu ini mungkin sudah tidak asing. Hewan mungil yang termasuk dalam jenis hewan berkantung ini berhabitat di Sulawesi. Ciri khas mereka selain memiliki tubuh kecil yang lucu, mereka memiliki ekor yang cukup panjang untuk dililitkan di dahan-dahan pohon.

Di Pulau Sulawesi, khususnya Sulawesi Utara, populasi kuskus ini sudah sangat minim dan sangat jarang ditemukan. Di tahun 1999 saja, dalam radius kurang lebih 490 Km, hanya bisa ditemukan sekitar 7 ekor kuskus.

 12Kera hitam

Selain anoa dan kuskus, salah satu nama hewan langka yang berasal dari Sulawesi adalah kera hitam. Jenis hewan langka ini bisa ditemukan pula di daerah Maluku, namun populasi yang paling sedikit terdapat di Sulawesi.

Kera hitam hampir tidak berbeda dengan spesies kera lainnya, ciri khasnya adalah warna bulu yang hitam legam dan jambul yang ada di bagian atas kepala. Menurut IUCN, badan dunia yang menangani konservasi alam, kera hitam termasuk hewan yang sangat terancam punah (critically endangered).

13 Bangau hitam

Spesies unggas yang satu ini bisa ditemukan di wilayah Asia, termasuk di Indonesia. Seperti namanya, tubuh burung bangau ini didominasi warna hitam, sedangkan leher dan bagian bawah tubuhnya berwarna putih.

Hewan langka yang satu ini biasanya hidup di daerah rawa, hutan, sawah, atau hutan bakau. Dari tahun ke tahun, jumlah populasi bangau hitam sudah mengalami penurunan. Di Jawa, orang-orang sering menyebutnya sebagai sandanglawe. Burung ini termasuk dalam hewan yang dilindungi oleh undang-undang.

14 Elang jawa

Salah satu nama hewan langka dari spesies burung adalah elang jawa. Bentuk tubuh elang ini sangat mirip dengan burung garuda yang menjadi lambang negara Indonesia. Tubuhnya cokelat gelap dan memiliki jambul unik di bagian kepalanya.Burung predator ini dikabarkan sudah sangat jarang ditemui. Populasinya semakin lama semakin merosot dan masuk dalam kategori terancam punah dalam data IUCN.

15 Burung gosong

Spesies burung yang unik ini bisa ditemukan di wilayah Maluku dan juga Papua. Burung ini berwarna cokelat gelap kehitaman, bagian bawah tubuhnya berwarna putih, sedangkan kakinya berwarna abu-abu gelap.Ciri unik dari burung gosong ini adalah mereka bertelur di sarang yang terletak di pasir atau pantai pasir gunung berapi agar mendapatkan kehangatan alami dari bumi. Namun sayangnya, burung unik ini mengalami penurunan populasi setiap tahunnya dan menjadi langka.

16  Harimau sumatera

Di Indonesia, ada dua jenis harimau yang sudah punah, yaitu harimau bali dan harimau jawa. Saat ini, satu-satunya spesies hewan harimau yang masih dimiliki dan hidup di Indonesia adalah harimau sumatera. Hewan bertubuh belang-belang hitam ini populasinya terus terjadi penurunan dan saat ini diperkirakan hanya tinggal sekitar 500-an ekor saja.

17 Beruang Kutub atau dalam bahasa Inggris disebut juga Polar Bear merupakan mamalia yang terdapat di benua paling utara dari bumi (sekitar kutub utara). Karena keahliannya berenang ketika menangkap mangsa di perairan, beruang kutub atau beruang es ini juga disebut dengan mamalia laut.Satwa ini merupakan jenis karnivora yang suka memangsa ikan dan anjing laut sebagai makanan utamanya. Beruang kutub terancam punah karena lapisan es yang merupakan habitat hidup satwa ini mencair akibat pemanasan global. Sebagai langkah awal penyelamatan spesies beruang ini adalah dengan membangun pusat pendidikan dan konservasi beruang kutub yang bertujuan untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat, memberikan pengetahuan, pembelajaran, serta pengalaman langsung dalam merawat beruang kutub.

 18 Katak Wyoming. Jenis hewan amfibi ini memiliki nama Latin Bufo baxteri. Katak Wyoming tergolong nama hewan langka yang hanya dijumpai di penangkaran dan di taman nasional Danau Mortenson yang terdapat di Amerika Serikat khususnya di negara bagian Wyoming. Sejak tahun 1984 binatang amfibi ini masuk dalam daftar nama hewan langka yang terancam punah. Bahkan, pada tahun 1980 hewan ini sempat diduga telah punah. Namun pada tahun 1987 katak ini kembali ditemukan di pesisir Danau Mortenson. Ancaman terbesar dari populasi katak ini adalah keberadaan jamur amfibi Chytrid yang dipercaya dapat membunuh hewan langka ini.

   19.panda adalah mamalia yang diklasifikasikan ke dalam keluarga beruang. Satwa asli Tiongkok ini pada umumnya hidup di daerah pegunungan, seperti Tibet dan Sichuan. Walaupun termasuk dalam keluarga beruang, namun makanan utama panda adalah tumbuh-tumbuhan, yaitu bambu.

      Beberapa faktor yang menyebabkan panda termasuk ke dalam daftar nama hewan langka adalah tingkat kelahirannya yang sangat rendah, serta habitat aslinya yang semakin berkurang.

20. Pinguin Mata Kuning atau dikenal juga dengan sebutan Hoiho merupakan jenis pinguin yang hidup di Selandia Baru (New Zealand). Satwa ini berstatus terancam punah karena sedikitnya populasi yang masih bertahan hingga saat ini.

 21 Macam Tutul Salju atau Uncia uncia merupakan jenis macan yang dapat dijumpai di daerah pegunungan salju di Asia Tengah, yaitu dari Afganistan hingga Tibet timur. Satwa ini sering diburu masyarakat untuk diambil bulunya.

0 komentar:

Poskan Komentar